Kamis, 09 Mei 2013

Munaqasyah .. Ancuuurr .. !!

Kemarin, tanggal 8 Mei 2013, semua santri kelas IX SMP dan XII SMA melaksanakan ujian Munaqasyah. Oh ya, munaqasyah itu adalah ujian terakhir yang harus dilaksanakan oleh santri untuk bisa mendapatkan ijazah pondok dan ijazah sekolah. Bnetuk ujiannya adalah menghapal juz 30.

Beberapa minggu sebelum tanggal 8 kemarin, pihak pondok sudah memberitahukan ke kami semua untuk memepersiapkan diri dengan menghapal juz 30. Tapi dasar kaminya aja yang bandel dan malas, pemberitahuan itu hanya di anggap sebagai angin lalu.

Waktu pun berlalu dengan begitu cepat, dan waktuku tinggal seminggu untuk menghapal satu juz. Mama dan Papa yang tau kalau aku harus menghapal sru juz untuk bisa mendapatkan ijazah terus memaksaku untuk menghapal.

Aku yang malasnya ampun-ampunan, apalagi di suruh menghapal, gak bakalan maulah. Gak menghapal juga pasti bisa koq dapat ijazah. Pikirku saat itu. Satu minggu yang tersita yang ku lakukan hanyalah bersantai di rumah.

Sekalipun menghapal, aku hanya mengulang beberapa surah yang memang sudah ku hapal. Supaya nantinya kalau aku gugup, aku gak bakalan lupa.

Hari H pun tiba. Berhubung saat itu aku lagi gak ada di pondok, jadi aku datang ke pondok pagi-pagi sekali, sekitar jam 7 lah. Setelah sampai di asrama, temanku yang tadinya ada di rumah semua udah pada nongol di sini.

Aku sempat protes, gimana sih ?? Gak solid banget !! Katanya datangnya nanti, Rabu pagi, barengan, koq kalian udah pada di sini semua ?? Selidik punya selidik, ternyata mereka tuh datangnya kemarin sore. Yaa !! Curang .. Tapi gak apa-apalah, ada koq tiga orang lain yang datangnya Rabu pagi juga.

Aku ke pesantren di antar sama sopir dan juga mama. Sebelum pergi, mama sempat pesan ke aku, "Nanti kamu gak usah ikutan cerita sama teman-teman kamu. Lebih kamu mojok noh di pinggiran terus ngulang-ngulang hapalan kamu", kata mama dengan nada mengancam

Aku sih ngangguk-ngangguk aja kayak kebo mau di kurban. "Iya, ma. Iya. Aku pasti menghafal koq. Mama tenang aja.". Setelah mobil pergi dan gak keliatan lagi, bukannya melaksanakan wejangannya Mama, aku malah ikut-ikutan nimbrung ama teman-temanku yang udah asyik ngobrol dari sebelum aku datang.

Yaaahh, maklumlah, namanya juga perempuan. Bahan obrolannya gak pernah habis.

Acara yang di jadwalkan mulai pukul 07.30, molor dua setengah jam sampai pukul 09.00. Gimana gak ? Pesertanya aja jam segitu masih pada santai-santai di asrama. Malah ada yang belum mandi lagi. Kacau nih negara kalau calon penerusnya kayak gini. JAM KARET .. !!

Pimpinan pondok udah berkali-kali manggil kami lewat mic di kantor diniyah. Tapi seakan mengaggap itu angin lalu, kami cuma menjawab dari asrama,"Iya, Tad !! Tunggu bentar .. ". Kurang ajar nih pesantren, udah bebas aturan sih, makanya berulah. Hehehehehe. #ditabokin ustadz..

Setelah kesadaran kami pulih, karena tadi kami tidak sadar, kami akhirnya kasian juga mendengar ustadz udah capek manggil kami daritadi. Setelah semua siap, semua udah selesai dandan, udah pada akur lagi setelah tadi berebut cermin (cermin di asrama tuh cuma ada dua, dan yang mau pake cermin ada 10 cewek unik yang cantik, imut, kalem tapi kadang bisa beringas juga kalau lagi marah), udah pada harum, pokoknya semua udah selesai, barulah kami rombongan pergi ke aula.

Setelah di teliti lebih cermat, kami mau pergi ulangan tapi kayak mau pergi kondangan. Gimana gak ?? Gayanya itu looohh .. !! Cantik-cantik semua *emang udah cantik dari sononya .. Semuanya pada pake gamis dan jilbab segitiga, beneran kayak mau ke pesta. Kami malah ketawa sendiri setelah menyadari hal itu.

Di depan aula, udah ada ustazd yang jadi musuh bebuyutanku sejak aku masuk di pesantren, namanya gak usah di sebutin deh, dia udah manggil-manggil. Dia nyuruh kami cepat-cepat jalan, katanya tinggal kami yang di tunggu.

Wahh .. !! Berasa kayak orang penting. Ternyata benar, tinggal kami yang di tunggu, setelah kami duduk rapi, anggun dan manis, *mencerminkan muslimah pesantren karena lagi banyak orang, kan malu kalau nunjukin sifat asli di depan banyak orang. Hehehehe. acara baru di mulai.

Ada banyak orang dalam ruangan. Beberapa guru, orang tua santri, pembina, dan santri berkumpul di aula. Kini, semua yang aku anggap biasa-biasa saja, semua yang aku anggap remeh, aku sendiri malah mulai takut menghadapinya.

Ada banyak orang !! Bagaimana ini ? Nanti kalau aku lupa ato gak tau gimana ? Waduh, bisa malu nih .. !! Keringat dingin mulai mengucur membasahi tubuhku. Ku buka Al-Qur'an kecil yang ku bawa dan mengulang-ngulang hafalanku.

Aku gugup. Suasananya beda jauh dari yang ku bayangkan. Ku pikir hanya sedikit orang yang akan datang. Ku kira kami menghapalnya di masjid, bukan di aula. Malah pake mic lagi. Bertambahlah rasa gugupku.

Tapi tidak tau kenapa, setelah lama kelamaan, rasa gugup itu mulai hilang. Aku malah asyik bercerita dengan teman-temanku. Acara pun di mulai. Peserta pertama mulai naik. Dengan lancarnya dia bisa menghapalkan dengan fasih surah yang di suruhkan.

Aduh .. ?? Bagaimana ini .. ?? Aku mulai gugup lagi. Takut. Ada rumor yang beredar, katanya yang banyak hafalannya aja dulu yang di kasih naik duluan. Oke, kalau gitu aku bisa tenang untuk sementara waktu. Itu artinya, nanti kalau aku tampil, penontonnya sudah tidak terlalu banyak. Jadi aku tidak perlu terlalu malu kalau nanti aku salah.

Satu per satu nama peserta di sebutkan. Sampai pada nama Nur Hidayah Rusli. Mati .. ?? Yaya' udah naik, bentar lagi berarti giliranku, karena yang banya hafalannya udah naik semua. Aduh .. ??!! Bagaimana ini ?? Aku mulai panik.

Tidak lama setelah nama Yaya' disebutkan, namaku pun mulai di sebut sebagai peserta selanjutnya.

"Ya, selanjutnya Boyke Hendrawan. Bersiap-siap setelah ini Nurul Ilma Islamiyah", kata ustadz yang menjadi tim penguji hari itu.

Tuh kan. Ku bilang apa. Pasti nama aku gak bakal lama lagi. Gimana ini ? Mana masih banyak orang lagi. Perkiraan ku salah besar, ku kira nanti kalau aku naik undangan udah pada pulang. Yah, ini masih setia nongkrong di sini.

"Selanjutnya, Nurul Ilma Islamiyah", kata tim penguji dengan suara yang sengaja di buat supaya peserta gugup. Itu sih opini aku aja. Karena aku gugup setelah mendengar tim penguji menyebut namaku.

Dengan anggunnya, aku melangkah naik ke tempat yang sudah di sediakan. Berkali-kali aku membaca basmalah dalam hati dengan harapan semua berjalan dengan lancar.

"Ya, coba hafalkan Surah Al-Fatihah", kata tim penguji.

Setiap peserta yang naik, surah pertama yang di suruh hafal ya Surah Al-Fatihah. Aku mulai menghafal dengan suara yang ketahuan banget kalau aku lagi gugup. Dalam hati aku berucap,"semoga aja Al-Fatihahku lancar, kan selama ini, kalau aku baca Al-Fatihah dalam shalat, sering aku langkah-langkahin ayatnya" #gubraakkk

Di luar dugaan, ternyata Al-Fatihahku lancar. Selanjutnya aku di suruh menghafalkan Surah Al-Ikhlas. Wah, gampang nih, pikirku. Di luar dugaan. Tiba-tiba otakku BLANK .. !! Aku lupa pertengahan Surah Al-Ikhlas. Malu-maluin banget tau gak !! Surah segampang itu aku lupa. Nyesel deh gak ngelaksanain apa yang mama suruh tadi. Untung aja orangtua ku gak datang. Kalau datang sesudah acara ini, aku pasti di ceramahi abis-abisan tuh ama mereka.

Tapi setelah itu, semuanya lancar. Aku bisa menjawab semua soal yang di tanyakan. Sebagai penutup, tim penguji bilang kayak gini,"Ini kalau Surah-Surah pendek gak tau. Tapi kalau Surah-Surah panjang bisa masuk!".

Itu merupakan pujian ato sindiran, entahlah aku gak tau. Yang penting aku udah menghapal.

Akhirnya tuntas sudah bebankuu .. !! Cuma itu yang aku pikirkan waktu selesai Munaqasyah.

Tapi malunya itu loohh .. !! Tetap gak hilang ..

Masa Al-Ikhlas aja gak tauu .. !!

Arrrgghhh .. !!

Munaqasyaahhku Annccuurrr .. !!

Malu-maluin .. !!
 
ReKerNoPis Blogger Template by Ipietoon Blogger Template